Servis Mobil untuk Musim Panas

Servis Mobil Untuk Musim Panas


Bro & Sis, berasa gak sih cuaca sekarang ini yang lagi panas dan gerah banget? Rupanya berdasarkan prediksi BMKG, memang musim kemarau tahun ini akan lebih kering, terik, dan panas dari tahun sebelumnya. Faktor utamanya adalah fenomena El Nino, yaitu memanasnya suhu muka laut di Samudera Pasifik bagian tengah hingga timur.
 
Nah, apa aja sih yang perlu kita persiapin supaya kondisi mobil tetap prima di kondisi cuaca panas? Yuk simak tips mudah dari BengkelBro agar mengemudi tetap nyaman walaupun kemarau panjang:

 
  1. AC Mobil

    Pastinya anti banget kepanasan di dalem mobil, kalo ac gak nyala. Sistem pengoperasian AC cenderung bisa rusak saat musim kemarau. Ada baiknya, bro & sis melakukan cek servis ac dan flushing AC agar kondisi ac mobil tetap prima. Kamu bisa cek bengkel mobil ac terdekat hanya di BengkelBro.
     

  2. Sistem pendingin & Air Radiator

    Di musim kemarau, bro & sis harus ekstra hati-hati agar tidak terjadi overheating. Sistem pendingin atau cooling system di mobil harus di-flush atau diisi ulang setiap 24 bulan. Coolant atau air radiator juga harus dicek secara berkala. Untuk kuras air radiator juga tersedia disini.
     
  3. Oli

    Jangan lupa untuk ganti oli dan oli filter karena musim panas ini membuat proses oksidasi oli menjadi lebih cepat. Disarankan juga untuk menggunakan oli yang lebih kental atau oli sintetis yang lebih tahan lama. Misalnya: dari Oli 5W-30 menjadi 10W-30, 10W-40, atau 20W-30 untuk mengemudi di musim panas atau kemarau. Untuk bengkel ganti oli terdekat, kamu juga bisa cek di bengkelbro. 

  4. Ban

    Kenaikan temperatur di cuaca yang panas bisa berdampak ke tekanan ban lho. Karena udara panas mengambil tempat lebih banyak, bisa jadi ban mobil kita menggelembung atau kelebihan tekanan, sehingga berisiko bagi ban. Disarankan juga untuk merotasi ban mobil kamu setiap 5.000 km. Supaya ban mobil kamu gak cepet aus karena friksi di cuaca yang panas ini, disarankan banget untuk melakukan spooring dan balancing di ban. Kamu bisa cek bengkel ban mobil terdekat dan rekomendasi servis spooring dan balancing disini. 

  5. Aki atau Baterai

    Disaat musim kemarau, gelombang panas itu musuh utama dari aki. Karena, saat suhu udara panas, cairan di aki basah jadi lebih cepat menguap membuat keefektifan baterai aki jadi berkurang. Jangan sampai, nanti mobil gak bisa distarter! Pastikan juga voltase ban kamu sedikit diatas 12 volt. Kalo udah waktunya ganti aki, kamu bisa cek servis mobil ganti aki terbaik di BengkelBro.