Tips Mengemudikan Mobil Saat Banjir

Musibah banjir sudah kita rasakan di awal tahun ini. Curah hujan di sekitar Jabodetabek diprediksi akan bertambah ekstrim selama bulan Januari hingga Maret. Jalanan di sekitar Jabodetabek sudah mulai tergenang air banjir. Berikut adalah tips untuk driver agar aman mengemudikan mobil saat banjir.

 

  1. Perkirakan Ketinggian Air Banjir

    Sebelum melewati jalan yang tergenang dengan banjir, perkirakan terlebih dahulu berapa ketinggian air yang harus Anda lewati. Jika ketinggian air lebih tinggi daripada ronda kendaraan, sebaiknya anda tidak melewati jalan tersebut dan mencari jalan alternatif lainnya.

     

  2. Was-was terhadap lubang/parit di jalanan

    Saat jalanan tergenang oleh banjir, kita tidak tahu dengan pasti dimana letak parit atau got yang ada di jalan. Tetap waspada, dan hindari mengambil jalan terlalu ke kiri atau kanan agar tidak melewati lubang/parit yang ketutupan air. Terlebih dari itu, tetap siaga dan lakukan manuver jika mobil melewati lubang.

     

  3. Berkemudi dengan pelan dan kecepatan stabil

    Kemudikan kendaraan secara perlahan dan stabil. Gunakan gigi rendah.

    • Mobil Matic (A/T): Posisi L
    • Mobil Manual (M/T): Gigi 1

    Kemudikan mobil dengan rotasi mesin tidak melebihi 1500 rpm, terutama saat ketinggian banjir menutupi knalpot.
    Terlebih itu, jangan melakukan akselerasi atau menghentikan mobil secara mendadak saat melewati jalan banjir karena hal tersebut bisa menyebabkan air masuk ke dalam mesin.

     

  4. Jangan menyalakan AC Mobil (terutama Sedan)

    Kipas radiator berputar dengan cepat ketika AC dinyalakan. Kemungkinan terburuk saat air masuk ke ruang mesin, dan mengakibatkan kipas radiator mati, maka dapat terjadi overheat. Untuk menghindari hal ini, lebih baik AC mobil tetap dimatikan selama melewati jalan banjir.

     

  5. Tekan kopling dan pedal rem berulang kali setelah melewati jalan tergenang banjir

    Tekan kopling dan rem secara terus menerus setelah melewati jalan tergenang air banjir untuk mengeringkan sistem rem dan mencegah kopling slip karena air banjir.

     

  6. Hati-hati melewati genangan air yang deras

    Untuk mencegah mobil anda terhanyut dan terbawa arus banjir, jangan melewati genangan air banjir yang sedang mengalir dengan deras. Lebih baik diam di tempat dimana tidak ada arus air.

     

  7. Jangan langsung matikan mesin setelah berkemudi

    Terakhir, biarkan mesin tetap hidup selama beberapa menit agar air keluar dari knalpot. Jangan langsung matikan mesin setelah melewati jalanan yang banjir.

     

  8. Hubungi 112, Untuk Keadaan Darurat

    Untuk keadaan darurat dimana Anda terjebak di mobil saat keadaan banjir, hubungi nomor ini: 112. 112 adalah hotline yang disediakan oleh Pemprov DKI untuk mengevakuasi anda dari tempat bencana banjir.

     


Bengkel & Servis Mobil Terdekat di Tangerang

Jika bro & sis sedang mencari servis mobil di bengkel terdekat di Tangerang, berikut adalah rekomendasi bengkel-bengkel mobil yang dapat membantu kamu untuk jasa pengecekkan, servis rutin mobil, dan lain-lainnya. Bengkel mobil pilihan yang terjamin kualitasnya. Berikut adalah list bengkel mobil terdekat di Tangerang berdasarkan lokasi-nya:

Bengkel Mobil di Alam Sutera

Bengkel Mobil di Jl. Raya Serpong

Bengkel Mobil di Gading Serpong

Bengkel Mobil di BSD

Bengkel Mobil di Bintaro


Jika mobil anda mengalami masalah, dapat menghubungi Call Center di nomor 0877-7052-1817 atau booking service di bawah ini. BengkelBro adalah platform direktori bengkel mobil terdekat dan terpercaya yang bisa membantu segala keperluan servis mobil anda. Kami membangun kemitraan dengan bengkel-bengkel umum. Khusus pada saat ini, kami baru melayani daerah Tangerang Selatan. Kedepannya, kami akan melayani wilayah lainnya juga. Booking Service Disini