Panduan untuk Mobil yang Terendam Banjir

Terendam banjir dapat mendatangkan musibah pada mobil, terutama: mesin, sistem kelistrikan, dan interiornya. Jika mobil Anda telah tenggelam dalam air/banjir lebih dari separuh rodanya, ikuti langkah-langkah dari panduan ini untuk menilai dan mengatasi kerusakan pada mobil anda.

 
  1. Panggil Perusahaan Asuransi Anda

    Kerusakan akibat banjir pada umumnya ditanggung oleh asuransi komprehensif (kebakaran dan pencurian), sehingga meskipun Anda tidak memiliki cakupan tabrakan, Anda mungkin akan ditanggung untuk perbaikan atau penggantian apa pun yang akan Anda hadapi. Pastikan juga kembali polis asuransi yang anda sepakati dengan perusahaan asuransi anda, apakah termasuk resiko ntuk bencana alam, dan/atau kebanjiran. Kemudian, jangan lupa siapkan dokumen berikut:

    • Foto Copy Polis Asuransi
    • Foto Copy STNK (Masih Berlaku)
    • Foto Copy SIM
    • Foto Copy KTP jika nama tergantung di Polis berbeda dengan STNK
    • Stempel perusahaan di klaim note jika nama di Polis atas nama Perusahaan.
    • Pengisian klaim note berserta Kronologis Kejadian.

     

  2. Jangan Nyalakan/Starter Kendaraan

    Jika ada air di ruang mesin mobil, mencoba menyalakannya dapat merusaknya hingga tidak bisa diperbaiki. Ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini sebelum Anda mencoba menyalakan mobil Anda lagi.


  3. Tentukan Seberapa Dalam Kendaraan Terendam

    Lumpur dan puing-puing biasanya meninggalkan garis air di mobil, di dalam maupun di luar. Sebagian besar perusahaan asuransi akan mempertimbangkan kerusakan mobil total (rusak melampaui perbaikan ekonomis yang masuk akal) jika air mencapai bagian bawah dashboard atau lebih tinggi. Jika ini masalahnya, minta mobil Anda ditarik ke mekanik untuk penilaian profesional. Jika air tidak naik jauh di atas bagian bawah pintu, mobil Anda mungkin akan baik-baik saja dan Anda dapat melanjutkan dengan langkah selanjutnya. Anda dapat melihat gambar dibawah ini, untuk mempertimbangkan komponen mobil yang kemungkinan terdampak dari level kedalaman mobil anda terendam banjir.


  4. Keringkan Interior Mobil

    Mulailah dengan membuka pintu dan jendela dan meletakkan handuk di lantai untuk menyerap air, tetapi Anda harus berencana mengganti apa pun yang basah, termasuk karpet, alas lantai, panel pintu, bantalan kursi, dan kain pelapis. Ingat, perbaikan ini kemungkinan akan ditanggung oleh asuransi komprehensif Anda.


  5. Periksa Oli dan Pembersih Udara

    Jika Anda melihat tetesan air pada dipstick atau level oli tinggi, atau jika filter udara mengandung air, jangan coba menghidupkan mesin. Bawa mobil anda ke bengkel untuk pengerjaan servis ganti oli dan menguras semua air. Jika Anda seorang yang handal di bidang otomotif, Anda dapat mencoba mengganti oli dan saringan udara sendiri, tetapi hanya jika Anda benar-benar yakin semua komponen dalam sisa mesin kering.


  6. Periksa Semua Cairan Lainnya

    Sistem bahan bakar pada mobil model baru biasanya disegel, tetapi mobil yang lebih tua mungkin perlu dikeringkan sistem bahan bakarnya. Rem, kopling, power steering, dan cairan pendingin harus diperiksa apakah terdapat kontaminasi. Minta mobil ditarik ke dealer/bengkel pilihan Anda untuk mendapatkan diagnostik menyeluruh.


  7. Periksa Semua Sistem Kelistrikan

    Selanjutnya, periksa semua komponen kelistrikan pada mobil Anda. Lakukan dengan menghidupkan kunci kontak atau menyalakan mobil, lalu gerakkan setiap komponen listrik satu per satu: Lampu depan, sinyal belok, AC, stereo, kunci daya, jendela dan kursi, dan lampu interior. Jika Anda perhatikan ada sesuatu yang sedikit salah — termasuk cara mobil berjalan atau transmisi bergeser — itu bisa menjadi pertanda masalah kelistrikan. Bawa mobil ke bengkel, dan ingat bahwa kerusakannya mungkin ditanggung oleh asuransi.


  8. Periksa Sekitar Roda dan Ban

    Sebelum mencoba menyalakan mobil, atur rem parkir dan cari puing-puing/kotoran yang bersarang di sekitar roda, rem, dan bagian bawah bodi. Bahkan batang kecil atau gumpalan lumpur kering dapat membuat mobil meliuk dan berguncang begitu Anda meningkatkan kecepatannya. Jika perlu, ambil selang air semprotan dan bersihkan di dalam dan di sekitar roda secara menyeluruh. Jangan membasahkan mesin dan interior mobil Anda kembali.


  9. Jika Diragukan, Minta Mobil Anda Dinyatakan Sebagai Kerusakan/Kerugian Total

    Menyatakan total kerugian Mobil yang rusak akibat banjir dapat mengalami masalah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah kejadian. Jika mobil Anda merupakan kasus jarang, atau Anda tidak yakin dengan upaya mekanik/bengkel Anda atau untuk mengeringkannya dan memperbaikinya, pertimbangkan untuk mendorong perusahaan asuransi Anda untuk menyatakan mobil tersebut "kerugian total."


  10. Waspadai Mobil Pengganti Bekas Banjir

    Banyak mobil yang rusak akibat banjir hanya dibersihkan dan dijual kembali. Sebelum membeli mobil bekas, periksalah judulnya; kata-kata seperti "penyelamatan" dan "kerusakan akibat banjir" adalah hal yang tidak anda inginkan. Dapatkan sejarah komprehensif tentang mobil tersebut — jika mobil telah dipindahkan dari negara bagian lain dan diberi judul ulang (terutama negara bagian yang telah mengalami banjir sesaat sebelum perubahan judul), penjual mungkin berusaha menyembunyikan kerusakan akibat banjir.


  11.  

Bengkel & Servis Mobil Terdekat di Tangerang

Jika bro & sis sedang mencari servis mobil di bengkel terdekat di Tangerang, berikut adalah rekomendasi bengkel-bengkel mobil yang dapat membantu kamu untuk jasa pengecekkan, servis rutin mobil, dan lain-lainnya. Bengkel mobil pilihan yang terjamin kualitasnya. Berikut adalah list bengkel mobil terdekat di Tangerang berdasarkan lokasi-nya:

Bengkel Mobil di Alam Sutera

Bengkel Mobil di Jl. Raya Serpong

Bengkel Mobil di Gading Serpong

Bengkel Mobil di BSD

Bengkel Mobil di Bintaro


Jika mobil anda mengalami masalah, dapat menghubungi Call Center di nomor 0877-7052-1817 atau booking service di bawah ini. BengkelBro adalah platform direktori bengkel mobil terdekat dan terpercaya yang bisa membantu segala keperluan servis mobil anda. Kami membangun kemitraan dengan bengkel-bengkel umum. Khusus pada saat ini, kami baru melayani daerah Tangerang Selatan. Kedepannya, kami akan melayani wilayah lainnya juga. Booking Service Disini