5 Gejala Mobil Butuh Spooring, Balancing & Servis Ban Mobil

 

Perbedaan Spooring Balancing

Ban Mobil merupakan komponen yang sangat penting untuk sebuah mobil dapat berjalan dengan aman dan nyaman untuk sampai ke tujuan. Seringkali banyak pengendara mobil yang tidak mengerti perawatan apa saja yang diperlukan untuk menjaga keawetan dari ban mobil itu sendiri. Servis Ban itu sangat beragam untuk merawat ban mobil itu sendiri, seperti Spooring dan Balancing. 

Spooring itu sendiri untuk meluruskan roda depan dengan roda belakang agar mobil lebih mudah untuk dikendalikan dan Balancing itu untuk meredam getaran yang terjadi saat mobil melaju di kecepatan tertentu. Biasanya Balancing dilakukan setiap 10.000 KM dan Spooring setiap 20.000 KM.

Perawatan yang sering harus dilakukan walaupun hal kecil yaitu memastikan tekanan nitrogen ban tetap stabil agar ban tidak kempes disaat yang tidak diinginkan. Tentunya agar ban dapat terawat dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan disaat yang tidak tepat, diperlukan melakukan perawatan tertentu dan mengetahui gejala yang muncul pada ban mobil kalian!


Gejala Mobil Membutuhkan Spooring Balancing

Gejala yang dapat muncul dan dapat dideteksi yaitu, saat setir mobil terasa berat maka dapat diartikan bahwa ban mobil kekurangan tekanan ban maka dari itu kalian para pengendara harus sering mengecek dan menambahkan tekanan nitrogen agar tekanan ban dapat tepat terjaga biasanya di tekanan 32-34 Psi. 

Selain itu, gejala yang dapat muncul seperti ketika mobil melaju setir seringkali tidak stabil dengan lari ke kiri dan ke kanan maka dibutuhkan spooring dan ketika mobil melaju dengan kecepatan tertentu di tol dan timbul suara berdengung, maka dibutuhkan balancing pada mobil ban tersebut. 

 

Biaya Servis Ban, Spooring dan Balancing

Untuk biaya service ban mobil untuk pengecekan dan pengisian nitrogen hanya sekitar RP 20.000 untuk 4 ban dan untuk Spooring dan Balancing biasanya dengan kisaran Rp 100.000 sampai Rp 200.000.


 

Gejala Ganti Ban Mobil Diperlukan

Gejala lain yang harus dipahami yaitu ketika ban mobil sudah harus diganti karena ban mobil sudah memang harus diganti. Gejala-gejalanya dapat dilihat seperti: 

  1. Kondisi Kembang ban yang sudah menipis, ban harus segera di ganti karena daya cenkram dan pengereman akan semakin buruk dan berbahaya bagi keselamatan pengemudi

  2. Memperhatikan tanda TWI ban, TWI itu merupakan Tread Wear Indicator dimana terdapat bentuk segitiga diantara kembang pada ban, dan jika segitiga tersebut sudah menyentuh tanah dan terkikis, maka menandakan bahwa ban sudah tipis dan harus segera diganti

  3. Muncul Retakan pada Ban, hal ini berbahaya karena bisa terjadinya kebocoran dan ban dapat meledak sewaktu-waktu

  4. Usia pada ban juga berpengaruh penting, biasanya usia ban normal sejauh 40.000 KM ataupun selama 5 tahun dan harus segera diganti

  5. Munculnya benjolan pada bidang luar dari ban, hal tersebut bisa terjadi ketika ban sering menghajar lubang.

 




 

Tips Cerdas Memilih Bengkel Ban Mobil Terdekat 

Oleh karena itu, diperlukan memilih ban yang tepat untuk mobil kalian agar dapat mendukung performa mobil kalian! Hal-hal ini merupakan hal yang harus diperhatikan saat ingin mengganti dan melakukan service ban mobil dengan ban baru di bengkel mobil terdekat anda!

  1. Setiap ban memiliki kriteria dan tipenya masing-masing, oleh karena itu harus disesuaikan dengan tipe setiap ban dengan jenis kendaraan 

  2. Ukuran dari ban juga berbeda-beda sehingga harus menyesuaikan agar tidak merusak dari fender mobil

  3. Berbeda dengan jenis mobil, jenis mesin maka lebar ban dapat berbeda karena semakin lebar sebuah ban maka daya cengkram dan percepatan semakin maksimal

  4. Setiap jenis ban mempunyai ukiran ban yang berbeda-beda, setiap ukiran untuk medan yang berbeda dan tujuan yang berbeda, oleh karena itu perlu memilih pola yang sesuai

  5. Ketebalan ban juga beragam, dimana biasanya ban memiliki ketebalan sebesar 50 dan semakin tebal sebuah ban maka keseimbagan akan semakin tinggi

  6. Tahun Pembuatan ban, dimana dapat dilihat dengan 4 kode yang ada diban. 2 kode pertama adalah minggu dibuatnya ban itu dalam tahun tertentu, dan 2 kode trakhir adalah tahun berapa ban tersebut dibuat. 

 

Pilihan Bengkel juga sangat berpengaruh dengan kualitas dari ban itu sendiri. Semakin terpercaya bengkel tersebut, maka kualitas dari ban akan semakin terjamin dari segi penyimpanan ban, kualitas dan kredibilitas dari bengkel tersebut. 

BengkelBro memiliki mitra-mitra bengkel terpercaya dan professional. Mitra BengkelBro juga ahli di bidang service ban juga dengan harga transparan dan terjangkau. Booking online dengan cepat dan mudah di www.bengkelbro.com!

 

Menghemat Penggunaan Ban Mobil Jangka Panjang

Untuk Merawat ban mobil secara jangka panjang, simple kok! Kalian hanya harus menjaga tekanan ban agar tekanan ban selalu stabil sehingga tidak mudah kempes dan kekurangan angin karena saat kekurangan angin maka ban berada dalam kondisi yang rentan pada paku dan keadaan jalanan yang beragam.

 

Ingin Jasa Hemat Spooring & Balancing?